Struktur Sosial Masyarakat

Selasa, 06 September 2016

Struktur Sosial Masyarakat



1. Pengertian
Dalam sosiologi berbicara mengenai struktur social maka sesungguhnya kita berbicara mengenai sesuatu yang saling bergantung dan membentuk suatu pola tertentu yang terdiri atas pola perilaku individu , institusi maupun masyarakat secara luas

a. George C. Hombas

Menyatakan struktur social dengan perilaku social elementer dalam kehidupan sehari-hari
b. Gerhard Lenshi 

berbicara mengenai struktur masyarakat yang diarahkan oleh kecendrungan panjang yang menandai sejarah

c. Talcorr Parcons  

menyatakan bahwa struktur social adalah keterkaitan antar manusia

d. Korablum 

menekankan konsep struktur social pada pol perilaku individu dan kelompok, yaitu pola prilaku berulang-ulang yang menciptakan hubungan antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat
Dari beberapa pendapat di atas , dapat disampaikan bahwa struktur social adalah cara bagaimana suatu masyarakat terorganisasi dalam hubungan-hubungan yang dapat diperbaiki melalui pola perilaku berulang-ulang antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat sebagai berikut struktur social melalui 4 elemen dasar yaitu :

a. Status social

Status social merupakan kedudukan atau posisi social seseorang dalam kelompok masyarakat, meliputi keseluruhan posisi social yang terdapat dalam suatu kelompok besar masyarakat , dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi status social terdiri dari :

A. Ascribed Status 

 status yang diberikan kepada seseorang oleh masyarakat tanpa memandang bakat dan karakteristik umur orang tersebut. Di dapat secara Otomatis melalui kelahiran seperti ras, gender dan usia

B. Achieved status 

status yang di dapat melalui usaha-usaha sendiri seperti bersekolah , mempelajari keterampilan, berteman , menciptakan sesuatu

C. Assigned Status 

 status yang di berikan karena telah berjasa melakukan sesuatu untuk masyarakat.

b. Peran social

Peran social merupakan komponen penting dalam struktur social. Peran memberikan sumbangan pada stabilitas masyarakat dengan cara memampukan tindakan-tindakan mereka sendiri.

c. Kelompok

Kelompok merupakan sejumlah orang-orang yang memiliki norma-norma, nilai-nilai dan harapan yang sama , serta secara sadar dan teratur saling berinteraksi. Kelompok memainkan peran yang sangat penting dalama struktur social masyarakat karena sebagian besar interaksi social kita berlangsung dalam kelompok dan dipengaruhi norma-norma dan sanksi yang ada dalam kelompok.

d. Institusi

Institusi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan tertentu melalui institusi social, terlihat struktur dalam masyarakat institusi social seperti keluarga , agama , penyuluh merupakan aspek fundamental dari struktur social.
2. Fungsi struktur social

a. Struktur social sebagi pengawas social 

 yakni sebagai penekan kemungkinan-kemungkinan pelanggaran terhadap norma , nilai dan peraturan kelompok atau masyarakat
b. Struktur social sebagai dasar untuk menanamkan suatu displin social kelompok atau masyarakat. 
Hal ini disebabkan oleh struktur social memang berasal dari kelompok atau masyarakat itu sendiri.

c. Struktur social sebuah proses pembiasaan

3. Bentuk struktur social

a. Intersected social struktur

Dikatakan intersected apabila keanggotaan dalam kelompok-kelompok social yang da bersifat menyilang. Artinya keanggotaan dalam kelompok social tersebut memiliki latar belakang ras, suku bangsa , ataupun agama yang berbeda-beda.

b. Consolidated social struktur

Dikatakan consolidated jika terjadi tumpang tindih parameter dan mengakibatkan penguatan identitas keanggotaan dalam sebuah kelompok social.

0 komentar :

Posting Komentar